APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Waspadai 4 Faktor Penyebab Kanker Paru-Paru
PDPI Lampung & Bengkulu, 10 Jan 2022 08:24:13

Kanker paru adalah penyakit yang terjadi akibat munculnya sel kanker pada paru-paru. Kanker menjadi penyakit berbahaya yang dapat memicu kematian.

Menurut data World Health Organization (WHO) pada 2020, ada sekitar 1,8 juta kasus kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru. Sebaiknya lakukan pencegahan dengan cara menghindari penyebab atau faktor risiko yang bisa memicu penyakit  kanker paru.

Dilansir dari WHO dan Healthline, berikut ini adalah empat penyebab utama kanker paru-paru yang perlu diwaspadai. 

1. Merokok

Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok. Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab terbesar kanker paru-paru, baik perokok aktif maupun perokok pasif. Untuk itu, sebaiknya pastikan Anda berhenti melakukan kebiasaan merokok dan menghindari paparan asap rokok.

Memiliki kebiasaan merokok dapat memicu kerusakan pada sel dalam paru akibat zat kimia yang terhirup ke dalam paru-paru. Jika kerusakan ini terjadi sesekali, sel dapat memperbaiki dirinya. Namun, jika kerusakan terjadi terus menerus dalam waktu yang panjang, kondisi ini membuat sel muncul secara abnormal dan tidak terkendali sehingga memicu munculnya sel kanker.

2. Riwayat kesehatan keluarga

Penyebab utama kanker paru-paru kedua adalah adanya riwayat kesehatan keluarga yang mengidap hal serupa. Seseorang yang memiliki keluarga dekat dengan kondisi kanker paru-paru lebih berisiko mengalami penyakit ini dibandingkan yang tidak. 

3. Paparan zat berbahaya lainnya

Penyebab utama kanker paru-paru ketiga adalah terkena paparan zat berbahaya secara terus menerus. Paparan zat berbahaya lain, seperti arsenik, kromium, dan nikel juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru.

Zat-zat ini sering ditemukan di tempat pembentukan baja, atau pabrik-pabrik pembuatan sendok-garpu, baterai dan lain-lain. 

4. Polusi

Penyebab utama kanker paru-paru terakhir adalah polusi. Oleh karena itu, jangan lupa selalu memakai masker sebelum bepergian.

Polusi yang dihasilkan dari pembakaran kendaraan maupun pabrik juga berisiko sebabkan kanker paru apabila timbal yang dihasilkan terus-menerus terhirup oleh paru-paru kita. 

Itulah penyebab kanker utama paru-paru yang perlu Anda waspadai. Tidak ada salahnya melakukan beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan risiko kanker paru-paru. Mulai sekarang segera berhenti merokok, rajin mengonsumsi sayur dan buah, menghindari polusi udara, selalu menggunakan masker di area dengan paparan kimia tinggi, hingga rutin berolahraga.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
 
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
 
UNS - Ngeyel
Uploaded on Sept 08, 2021
 
UB - Cerewet
Uploaded on Sept 08, 2021