APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
4 Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Anda Berhenti Merokok
PDPI Surakarta, 12 Jan 2022 07:40:14

ROKOK merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan Anda terserang beberapa penyakit berbahaya. Orang yang suka merokok biasanya lebih berisiko mengalami serangan jantung dan paru-paru mereka rusak.

Rokok memang bisa membuat Anda kecanduan, tetapi ada beberapa orang yang ingin sekali berhenti merokok.

Namun, bukan hal yang mudah untuk bisa berhenti merokok begitu saja. Beberapa makanan dan minuman sebenarnya bisa membantu Anda berhenti merokok secara perlahan.

Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Truthinitiative.

1. Buah dan sayuran

Rokok menghalangi penyerapan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin C dan D. Misalnya, merokok satu batang saja menguras 25 mg vitamin C dari tubuh.

Memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan Anda akan mengembalikan nutrisi ini, dan seperti beberapa penelitian menunjukkan, bisa membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Bonus: Begitu Anda mulai berhenti merokok, makanan mulai terasa lebih enak dan rasanya lebih terasa, jadi kamu juga bisa lebih menikmati makanan ini.

2. Teh ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan ginseng bisa menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena bisa melemahkan efek dopamin, neurotransmitter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok tembakau.

Minum minuman teh ginseng bisa mengurangi daya tarik merokok dan membuatnya kurang nikmat.

3. Susu dan produk susu

Perokok telah melaporkan minum susu membuat rokok terasa lebih buruk dan kebanyakan perokok mengatakan rokok mereka memberikan rasa pahit.

Saat menghadapi keinginan untuk merokok, mengonsumsi susu dan produk susu lainnya bisa membuat rokok terasa tidak enak.

4. Permen karet dan permen bebas gula

Mengunyah permen karet dan permen mint bisa membuat mulut Anda sibuk ketika kamu memiliki keinginan untuk merokok. Plus, permen karet dan mint bertahan lama, biasanya lebih lama daripada merokok. Mengetahui apa yang harus dihindari saat mencoba berhenti merokok juga akan membantu.

Makanan dan minuman yang telah terbukti meningkatkan rasa rokok dan memicu keinginan untuk merokok termasuk alkohol, kafein, daging dan makanan manis atau pedas. Makan dan minum dengan benar bisa membuat perjuangan untuk berhenti sedikit lebih mudah.

MITRA KERJA
VIDEO
Fakta Varian Omicron
Uploaded on Dec 13, 2021
 
Bahaya Debu Abu Vulkanik pada Kesehatan
Uploaded on Dec 10, 2021
 
UNS - Ngeyel
Uploaded on Sept 08, 2021
 
UB - Cerewet
Uploaded on Sept 08, 2021