APSR IDI Online KlikPDPI
APSR IDI Online KlikPDPI Halaman Admin Forum Umum Facebook Page Twitter Instagram Youtube
Konsumsi Makanan Ini Supaya Paru-Paru Tetap Sehat untuk Para Perokok
PDPI Sumatera Utara, 10 Jul 2018 14:25:46

Paru-paru adalah organ penting bagi manusia untuk tetap bertahan hidup. Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru di masa sekarang ini sangat penting. Tapi tidak jarang yang salah tafsir.

Menjaga kesehatan harus selalu berurusan dengan dokter dan apoteker. Bahkan banyak juga yang berpikir harus mengeluarkan uang yang banyak untuk hidup sehat, terutama kesehatan organ dalam seperti paru-paru.

Padahal dengan tidak merokok dan mengatur asupan makanan yang benar, paru-paru pun akan sehat dengan sendirinya.

Anda yang ingin memiliki paru-paru sehat Berikut lima makanan yang baik untuk paru paru seperti dilansir doktersehat.com :

1. Bawang merah

Bawang merah merupakan bahan dasar masakan yang tentunya ada disetiap dapur Anda. Nah, dari hasil penelitian, bahan makanan ini ternyata bisa membantu untuk menyehatkan paru-paru. Bagi perokok, bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang wajib Anda konsumsi.

2. Kacang panjang dan kacang kenari

Bahan makanan yang satu ini juga terbukti mampu menyehatkan paru-paru Anda. Karena kacang panjang mengandung magnesium dan zat anti-kanker, sedangkan kacang kenari memiliki kandungan protein, lemak dan zat anti-oksidan yang sangat baik untuk menyehatkan organ pernapasan Anda.

3. Kunyit

Satu lagi, makanan untuk kesehatan paru paru dari bahan dapur ini dapat memberikan manfaat ekstra terhadap kesehatan tubuh. Kunyit memiliki fungsi yang kaya akan zat dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit sangat ampuh memberantas pertumbuhan sel kanker dan tumor pada paru-paru.

4. Buah dilema, jeruk dan anggur

Buah untuk kesehatan paru paru menjadi bahan makanan yang tentu sudah sangat dikenal akan khasiatnya. Buah delima, jeruk dan anggur merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin dan zat yang sangat baik untuk menyehatkan paru-paru Anda. Karena kandungan zat falvainoid pada anggur menjadi kandungan yang bisa membantu Anda membersihkan paru-paru. Sementara buah delima yang kaya akan anti oksidan dan buah jeruk yang kaya akan vitamin C bisa mengobati dan menyehatkan paru-paru Anda.

5. Wortel

Selain vitamin A, wortel juga mengandung antioksidan dan lycopene yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

6. Kacang-kacangan

Makanan ini mengandung banyak magnesium, mineral yang berkontribusi terhadap fungsi paru-paru yang sehat. Mereka juga menyediakan asam lemak esensial yang baik untuk sistem kardiovaskular.

7. Paprika

Paprika kaya akan vitamin C dan karotenoid lutein dan zeaxanthin. Karotenoid telah terbukti mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

8. Sayuran cruciferous

Sayuran ini terdiri dari Kubis, kembang kol, brokoli, dan kale yang berkhasiat menghentikan perkembangan kanker paru-paru dan mengurangi risiko mengembangkan kanker paru menjadi setengahnya. Sayuran ini kaya klorofil yang membersihkan dan membangun darah, dan penuh dengan antioksidan yang sangat efektif.

9. Jahe

Rempah-rempah yang memiliki sensasi hangat ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membatu penghapusan polutan dari paru-paru.

10. Air

Air memainkan peran besar dalam kesehatan dan merupakan dasar dari setiap tindakan pembersihan. Air bersih dan murni sangat penting untuk menjaga aliran darah ke dan dari paru-paru. Itu juga membuat paru-paru kita terhidrasi dan lendir mengalir. Ini mungkin terdengar menjijikkan, tetapi lendir itu penting dan perlu konsistensi yang tepat bagi silia untuk memindahkannya bersama dengan racun, mikroba, dan polutan keluar.

Jadi, jika Anda perokok atau perokok pasif, tambahkanlah beberapa makanan tersebut ke dalam makanan Anda untuk menjaga paru-paru tetap sehat.

MITRA KERJA
VIDEO
Tutorial Aplikasi ISR
Uploaded on May 11, 2015
World Asthma Day 2018
Uploaded on Apr 30, 2018